5 Transportasi Darat Untuk Berwisata

Transportasi Darat

Untuk mengadakan suatu perjalanan wisata tentunya kita tidak terlepas dari kebutuhan akan angkutan dan transportasi. Dalam kegiatan kepariwisataan transportasi memegang peran yang sangat penting, Karena untuk mengadakan pejalanan wisata diperlukan adanya alat transportasi yang dapat menghubungkan tempat dimana biasanya wisatawan tinggal, Dengan daerah wisata yang ingin dikunjunginya.

Kemajuan teknologi dibidang transportasi turut mendorong pertumbuhan kepariwisataan, Karena transportasi dapat memudahkan orang untuk menginjungi daerah-daerah tujuan wisata. Dengan adanya alat transportasi, Jarak yang jauh akan terasa seolah-olah menjadi lebih dekat. Karena faktor jarak dan waktu sangat mempengaruhi keinginan calon wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata.

Tersedia berbagai jenis alat transportasi yang sering digunakan para wisatawan untuk melakukan perjalanan mulai dari angkutan udara, laut dan darat. Dari ketiga alat transportasi yang paling sering digunakan adalah angkutan darat karena bisa lebih puas menikmati pemandangan dalam setiap perjalanan. Untuk alat transportasi darat terbagi menjadi lima alat transportasi antara lain:

1. Kerata Api

Pelayanan angkutan kereta api terdapat di jawa dan sumatera. Hampir semua kota-kota besar di pulau jawa disinggahi kereta api, seperti jakarta, bandung, semarang, solo, yogyakarta, surabaya dan kota-kota lainnya. Terlebih jaman sekarang untuk fasilitas di dalam kereta api sudah sangat lengkap dengan tempat duduk nyaman dan juga AC (air condition) yang membuat udara didalam kereta tidak pengap serta sirkulasi udara yang baik.

Kemajuan alat transportasi ini juga sudah semakin berkembang dengan adanya kereta listrik dan kereta cepat yang dapat menepuh kecepatan 603 kilometer per jam. Seperti kereta api yang ada di kota jepang karena hampir 90% aktivitas orang jepang menggunakan transportasi untuk pergi bekerja termasuk berwisata.

2. Bus

Kendaraan jenis ini banyak digunakan untuk hubungan antar kota, antar provinsi, bahkan antar pulau. dibeberapa kota besar seperti jakarta,bandung,medan dan surabaya bus digunakan untuk angkutan antar kota dan lazim disebut bus kota.

Alat transportasi ini sudah sangat lengkap juga untuk bebrapa kota dalam fasilitas didalamnya seperti AC, toilet, TV dan pemutar musik. Bus-bus ini juga menyediakan sistem sewa atau dengan sistem charter dan menyesuaikan kebutuhan wisatawan yang mempunyai rombongan pribadi seperti rekan bisnis, rekan kerja bahakan keluarga.

3. Taxi

Angkutan darat taxi banyak tersedia hampir diseluruh pelabuhan udara, Laut dan stasiun bahkan disetiap area dekat hotel-hotel di seluruh indonesia. Beberapa perusahaan angkutan biasanya menyediakan palayanan taxi ini dan pemesanan dapat dilakukan melalui telepon atau dengan datang langsung ke lokasi tempat taxi berkumpul (Mangkal). Selain itu pemesan taxi kini menjadi mudah dengan teknologi yang tersedia pada smartphone melalui aplikasi.

4. Sepeda Motor 

Alat transportasi ini khususnya banyak sekali digunakan dan di sewakan seperti di Bali dan Yogyakarta. Di bali kendaraan ini banyak menarik minat para wisatawan baik asing maupun domestik, Karena ongkos sewa kendaraan ini relatif lebih murah dan lebih praktis dalam menggunakannya.

Disamping harga sewa murah kelebihan kendaraan ini dapat menjangkau lokasi-lokasi wisata yang mempunyai jalur sempit yang tidak bisa di lalui dengan kendaraan mobil maupun bus. Dengan alat transportasi sepeda motor ini untuk bahan bakar juga termasuk irit dan harga tidak terlalu menguras isi dompet.

5. Becak

Jenis transportasi ini sangatlah mudah ditemui disetiap kota. Kendaraan becak ini adalah kendaraan yang sudah lama sekali digunakan dari zaman ke zaman dan dari turun temurun, Jenis kendaraan ini menggunakan tenaga manusia untuk menjalankannya. Biasanya alat transportasi ini digunakan untuk jarak yang lebih dekat ketika sudah sampai tempat wisata.

Kelebihan Becak ini selain anda sebagai penumpang, Anda sebagai wisatawan akan sangat terbantu untuk membawa dengan mudah barang-barang bawaan yang terbilang besar dan berat. Dengan becak anda dapat memberikan jeda waktu istirahat pada kaki anda yang sudah lelah berjalan.

Untuk melakukan perjalanan wisata alat transportasi sangatlah dibutuhkan demi anda mencapai tempat tujuan dengan aman dan cepat. Dengan 5 alat transportasi darat untuk berwisata dapat mendukung anda melakukan perjalanan di darat dengan lancar.

Demikian Artikel ini dibuat semoga bermanfaat dan menjadi referensi anda dalam mempersiapkan tujuan wisata anda. Terima kasih

Posting Komentar untuk "5 Transportasi Darat Untuk Berwisata"