6 Objek wisata banda aceh

Wisata aceh

Daerah istimewah aceh yang mempunyai ibu kota Banda Aceh terletak diujung barat laut pulau sumatra, Yaitu antara 95 derajat sampai 98 derajat lintang utara bujur timur. Provinsi aceh yang terletak di sebela barat timur dan berbatasan dengan selat malaka.

Luas wilayah daerah istimewa aceh kurang lebih 55.390 km persegi dengan jumlah penduduk kurang lebih tiga juta jiwa. Daerah aceh merupakan daerah pertanian yang subur disamping kaya akan hasil pertanian aceh juga kaya akan hasil tambang seperti: Gas alam, minyak bumi, emas, timah hitam, belerang, biji besi dan perak.

Masyarakat aceh untuk urusan kepercayaan pada umumnya memeluk agama islam. Dengan rata-rata persentase 98% pemeluk islam dan sisanya ada agama lain, Maka dari itu Agama islam juga ikut mempengaruhi adat istiadat masyarakat aceh. Sampai provinsi ini disebut dengan julukan "Serambi Mekah".

Dengan pertama kali adanya kerajaan islam di aceh banyak juga kesenian tradisional yang bermunculan pada saat itu, mulai dari kesenian Seudati, saman, tari ular-ular lembing, tari guel, tari alee tunjangyang hingga saat ini masih banyak dilestarikan serta dipertahankan pada generasi baru lainnya demi menjaga budaya asli kota banda aceh.

Berbicara aceh negara yang dijuluki serambi mekah ini. Jangan sampai kita lupa akan keindahan tempat atau lokasi-lokasi yang ada di aceh, Karena banyak sekali tempat yang indah dan memanjakan mata memandang.

Selain dari kesenian yangmasih dijaga keasliannya, Aceh juga mempunyai tempat-tempat yang bisa kita nikmati sebagai Objek wisata di banda aceh. Berikut adalah enam objek wisata banda aceh yang akan di sajikan pada bahasan artikel ini:

Objek-objek wisata banda aceh

Sebagai ibu kota daerah istimewa aceh, banda aceh memilik objek wisata yang sangat menarik.

1. Masjid Raya Baiturahman, Merupakan salah satu masjid yang terindah di indonesia yang memliki bentuk yang manis serta ukuran yang menarik, Selain itu Masjid ini mempunyai lima kubah di dalamnya.

2. Museum Negeri Banda Aceh, Sebuah museum negeri yang terletak di dalam kompleks, dimana bangunannya berupa sebuah rumah tradisional aceh.

3. Gunongan, Sebuah bangunan yang berupa gunung buatan, Tempat ini merupakan suatu tempat rekreasi bagi para raja-raja aceh.

4. Makam Sultan Iskandar Muda, Lokasi ini terdapat di dalam area kompleks yaitu sebuah makam sultan aceh yang dibuat dari batu gunung dan di tulis dengan kaligrafi arab yang mempesona.

5. Makam Syah Kuala, Terletak dekat muara krueng yang tidak jauh dari pusat kota banda aceh.

6. Kherkoff, Adalah bukti sejarah perlawanan rakyat aceh tehadap belanda, yang terdapat kurang lebih 2.000 orang serdadu belanda yang dikubur dan dirawat dengan baik hingga saat ini.

Demikian pembahasan 6 Objek wisata banda aceh, Semoga bermanfaat dan menambah nilai sejarah pada diri kita masing-masing. Terima kasih!


Posting Komentar untuk "6 Objek wisata banda aceh"